.

Header ads

Header ads

Film Kartini Gambaran Perjuangan Kesetaraan Hak Melawan Tradisi

Foto : Google

BANDUNG - Film garapan Hanung Bramantyo kali ini berusaha memaparkan kisah hidup tokoh perempuan asal Jepara, pembela emansipasi wanita serta pahlawan Indonesia yang paling harum namanya, Raden Ajeng Kartini. Pulasan film Kartini digarap dengan ciamik, sehingga pesan yang disampaikan lebih mengena.

Dalam Sinopsis, Kartini berjuang bagi kesetaraan hak untuk semua orang dalam hal pendidikan yang layak, kesetaraan status sosial bagi siapa saja tanpa pandang ras, suku, agama dan golongan.Hingga tiap tahunnya, pada tanggal 21 April, hari ulang tahun Kartini, diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai ‘Hari Kartini’ demi mengingat perjuangannya selama ini.

Film ini mengisahkan perjuangan Kartini (Dian Sastrowardoyo) melawan takdir. Takdir yang amat didambakan ibu kandungnya, Ngasirah (Christine Hakim) untuk menjadi Raden Ayu, perempuan yang harus menikahi Bupati atau bangsawan.

Di mata Ngasirah, menjadi Raden Ayu merupakan semata-mata cara perempuan Jawa dalam membawa kehormatan bagi keluarga.

Kartini dibantu kedua adiknya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), berjuang menjadi perempuan yang sanggup menentukan masa depannya sendiri, seusai keinginan hati serta nurani.

Tentu, melawan takdir dan tradisi bukanlah perkara mudah. Banyak rintangan serta tantangan yang harus dihadapi ketiga bersaudari ini, mulai dari adanya tradisi pingitan dari kaum ningrat yang turut dilakukan ayahnya, Raden Mas Aryo Sosronigrat (Deddy Sutomo) serta pemikiran-pemikiran kolot saudaranya, Raden Mas Slamet (Denny Sumargo) dan Soelastri (Adinia Wirasti).

Untungnya, Kartini masih didukung oleh kakak kandungnya, R.M Panji Sosrokartono (Reza Rahadian) yang menginspirasinya bahwa selama masih ada buku, maka tidak ada yang bisa memenjarakan pikiran dan imajinasi Kartini.

“Kartini” turut dibintangi Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu serta Nova Eliza dan skenarionya ditulis langsung oleh Hanung Bramantyo bersama Bagus Bramanti.

Film yang semula diperkirakan tayang pada 21 April 2016, direncanakan akan resmi tayang di bulan April 2017 mendatang.


Judul Film : Kartini – Genre : Drama Biopic – Sutradara : Hanung Bramantyo – Penulis Naskah : Hanung Bramantyo, Bagus Bramanti – Produksi : Legacy Pictures – Pemain : Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Reza Rahadian, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, Deddy Sutomo, Demmy Sumargo, Adinia Wirasti – Rilis : April 2017.**

Posting Komentar

0 Komentar