.

Header ads

Header ads

Urbanisasi Akibat Pembangunan Tak Merata

INOHONG COM - Walikota Bandung, Ridwan Kamil menyatakan, urbanisasi dari satu daerah ke daerah lain, seperti ke Kota Bandung  tidak bisa dibendung, karena Bandung merupakan kota yang terbuka bagi siapapun.

Menurut Walikota, urbanisasi akan terus terjadi sampai kapan pun, jika kesenjangan pembangunan antar daerah masih saja terjadi.

“Urbanisasi bisa diselesaikan jika disparitas pembangunan di daerah kota asal seimbang sehingga mereka tidak memilih datang ke Bandung,” ujarnya.

Walikota menyatakan, pihaknya kurang sependapat terkait wacana memulangkan kembali para pedatang ke daerah asal jika selama di Bandung mereka tidak memiliki pekerjaan yang dicarinya.

“Tidak semudah itu, untuk kita mengembalikan para pedatang ke daerahnya, termasuk kewajiban  pendatang untuk menyimpan uang sebagai jaminan selama di Bandung,” ucapnya.

Oleh karenanya menurut Walikota, dirinya setuju dengan adanya program bantuan bagi desa sebesar Rp 1 miliar yang dilakukan oleh pemerintah.

“Dengan adanya bantuan tersebut, setidaknya pemda bisa membuka lapangan kerja bagi warganya sehingga mereka tidak harus pergi ke daerah lain untuk mencari pekerjaan,” katanya.

Walikota mencontohkan, negara Jepang memiliki program dimana, penduduk yang tinggal di kota atau desa memiliki UMR-nya sama. (*)

Posting Komentar

0 Komentar