.

Header ads

Header ads

Hj.Tati Buka Pasanggiri Biantara Basa Sunda

INOHONG COM -Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Deposit dan Pengolahan Bahan Perpustakaan menggelar Pasanggiri Biantara Basa Sunda bertempat di Gedung Perpustakaan Deposit Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Nomor 629 Kota Bandung, Kamis (16/4).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, SH, MM.

“Kegiatan Pasanggiri Biantara Basa Sunda ini merupakan kegiatan yang sangat penting, terutama dalam Gerakan Ngamumule Literatur Mengenai Jawa Barat yang tersedia di Perpustakaan Deposit Bapusipda Provinsi Jawa Barat.” Kata Hj. Tati dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Deposit dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, DR. Hj. Oom Nurrohmah, MSi menjelaskan, pasanggiri Biantara Basa Sunda ini diikuti oleh 50 orang peserta, yaitu pelajar SMP/sederajat dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Adapun juri pasanggiri ini sebanyak tiga orang ahli bahasa dan sastra Sunda.

Adapun tujuan Pasanggiri Biantara Basa Sunda atau lomba pidato dalam bahasa Sunda, menurut Hj. Oom, untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap budaya Jawa Barat melalui peningkatan gemar membaca, mengembangkan potensi kemampuan membaca yang implementatif, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian atau gerakan ngamumule terbitan tentang Jawa Barat serta mensosialisasikan perpustakaan deposit sebagai perpustakaan yang menghimpun, mengelola, melestarikan dan mendayagunakan koleksi tentang Jawa Barat dan koleksi karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan di Jawa Barat.

“Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat, khususnya di kalangan remaja terhadap hasil cipta, karsa dan karya masyarakat tentang Jawa Barat dan yang diterbitkan di Jawa Barat,” katanya.

Para pinunjul atau para juara dalam pasanggiri tersebut mendapatkan tawis kadeudeuh masing-masing: pinunjul 1 Rp 3 juta, piala dan piagam, pinunjul 2 Rp 2,5 juta, piala dan piagam, pinunjul 3 Rp 2 juta, piala dan piagam, pinunjul harepan 1 Rp 1,5 juta, piala dan piagam dan pinunjul harepan 2 Rp 1 juta, piala dan piagam. (*)

Posting Komentar

0 Komentar