.

Header ads

Header ads

Susi Pudjiastuti, Dipilih Jokowi Jadi Menteri

INOHONG COM - Banyak yang mempertanyakan sosok Susi Pudjiastuti, Wanita kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, 49 Tahun lalu itu dipercaya oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo,  menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Kerja 2014-2019.

Susi seorang pengusaha pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan. Presdir dari PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air ini memiliki 32 Pesawat dengan berbagai tipe. Sebanyak 180 pilot, 175 diantaranya merupakan pilot asing bekerja di perusahaannya. Maskapainya juga menjadi penerbangan perintis, Rute Bandung – Pangandaran menjadi penerbangan pertama komersil.

Bachtiar Andrianto akrab disapa Abah Andri mengatakan, Susi sejak muda memiliki karakter pekerja keras “Dia itu sejak tahun 1980 sudah memulai usaha, bakul ikan, orangnya ulet dan pantang menyerah. Panutan warga sekitar” Ujar Abah Andri yang mengenal Susi sejak tahun 80'an kepada Seputarjabar.com via seluler, Minggu (26/10).

Selain pekerja keras, sifat dermawan dan dekat dengan rakyat seakan sudah menjadi gayanya yang khas. “Karena pekerja keras, banyak warga akhirnya menaruh harapan pada dirinya, dia sering membantu nelayan sekitar. Dia itu kalau sudah blusukan sampai kemana-mana, mengemudikan Truk sendiri” Kenang Pria lulusan publisistik Universitas Indonesia 48 tahun lalu.

Kepiawaian dalam mengelola bisnisnya juga tidak terlepas dari dukungan sang suami Christian von Strombeck, seorang Jerman yang lama bekerja sebagai mekanik dan Pilot.

Tugas berat sudah menanti Susi Pudjiastuti, mulai dari Pencurian Ikan oleh  perusahaan asing di wilayah perairan Indonesia dan Kesejahteraan Nelayan menjadi pekerjaan rumahnya. Maklum Indonesia memiliki kedaulatan laut yang luas tentunya harus mendapat perhatian serius kementriannya nanti.

Ragam penghargaan diraihnya yaitu Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia, Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009 dan masih banyak lagii. (*)