.

Header ads

Header ads

Eni Sumarni: Berpolitik Tak Harus Masuk Partai

Eni (tengah) saat terima HIPPI Award
Dra Ir Hj Eni Sumarni M Kes. merupakan satu dari empat Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Jawa Barat. Ia terpilih pada Pemilu Legislatif 9 April 2014, dengan perolehan 2.171.830 suara.

Eni Sumarni lahir di Situraja Sumedang pada 27 Oktober 1963, dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga pendidik.  Hal itu telah membentuk dirinya menjadi sosok pribadi yang selalu ingin mengabdi demi kemajuan masyarakat. Beliau merupakan sosok perempuan yang terbilang tangguh, cerdas, teguh dalam pendirian dan visioner.

Eni Sumarni menjadi pengayom beberapa komunitas masyarakat dari Yayasan Adat bidang pendidikan, bidang pertanian, para seniman dan budayawan di Sumedang. Terdorong keinginan untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan bangsanya, pada tahun 2013 Eni Sumarni mencalonkan diri dalam pemilihan Bupati Sumedang dari jalur perseorangan.

Idealisme dan pemikirannya yang visioner sempat membuahkan penghargaan Indonesian Most Initiator Award 2013 pada bulan Juni  2013. Sebuah penghargaan bagi para tokoh yang memperjuangkan etika politik dan pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan penuh keberanian. Pada tanggal 28 September 2013 Eni menerima penghargaan HIPPI AWARD 2013 di Hotel Aston Primera Jl Dr Djujunan 96 Pasteur, Bandung, Jawa Barat.

Kesibukan Eni Sumarni pun bertambah setelah mendapatkan mandat sebagai Ibu Pelestari Budaya Sunda di Sumedang. Dan setelah menjadi anggota DPD RI mewakili Jabar, istri Laksamana TNI H. Supriyadi ini tentu akan semakin padat agenda Eni untuk menyerap dan mewujudkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya.

Sebagai duta pelestari budaya Sunda,  ibu dari dua anak ini menekankan agar orang Sunda  harus Nyantri, Nyakola dan Nyunda. Orang sunda nyantri memiliki filosofis dalam kesehariannya mencerminkan insan yang religius, meyakini bahwa segala tindak dan prilakunya diawasi oleh Allah SWT.

Berikutnya, menurut Eni, orang sunda harus nyakola, dalam artian bukan dari pendidikan tapi ilmunya mampu miliah mana hak orang lain dan pribadinya. Terakhir, orang Sunda kudu Nyunda, dimana orang sunda kudu melaksanakan dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan moral budaya orang sunda.

Biodata
Nomor Induk Kependudukan:  3211066710630002
Nama Lengkap :Dra. Ir. Hj. ENI SUMARNI SAPTANI, M.Kes
Tempat/tanggal Lahir SUMEDANG, 27 Oktober 1963
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama :ISLAM
Status Perkawinan: Kawin
Nama suami: LAKSAMANA TNI H. SUPRIYADI
Alamat Tempat Tinggal :DUSUN WARUNG KETAN,  JATIMEKAR,  SITURAJA 
SUMEDANG ,  JAWA BARAT

Riwayat Pendidikan
LULUS TAHUN 1976, SD, SDN WARUNGKETAN, SUMEDANG
1976-1979, SLTP, SMPN 1 SITURAJA, SUMEDANG
1979-1982, SLTA, SMAN SITURAJA, SUMEDANG
1982-1986, S1, IKIP NEGERI BANDUNG
LULUS TAHUN 1993, INSTITUT TEKNOLOGI PEMBANGUNAN SURABAYA
LULUS TAHUN 1996, S2, UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA
Kursus/diklat Yang Pernah Diikuti
PENATARAN P4 120 JAM
Riwayat Organisasi
PGRI, ANGGOTA, SUMEDANG
2002-SEKARANG, JALASENASTRI, KETUA
FORUM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU SEJAHTERA, SUMEDANG

Riwayat Pekerjaan
1986-1997, UNIVERSITAS ADIBUANA, DOSEN, SURABAYA
2002-SEKARANG, PT. WAHANA DUA PUTERA MANDIRI, DIRUT, JAKARTA (dbs)

Posting Komentar

0 Komentar